Hukum Archimedes Dalam Kehidupan Sehari-hari

Evo-rare.com | Materi Yang Berhubungan Dengan Tekanan Pada Zat Cair - Hukum archimedes dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut. 

1. Jembatan Ponton

Jembatan ponton adalah jembatan yang di buat dari drum-drum berrongga yang dijajarkan secara melintang pada aliran sungai. Volume air yang dipindahkan pada drum dan benda-benda yang melintas di atasnya. Setiap drum penyusun jembatan harus tertutup agar air tidak dapat masuk ke dalamnya sehingga jembatan dapat terapung. Nah berikut ini contoh gambarnya.
Jembatan Ponton
2. Kapal Laut

Hukum Archimedes merupakan konsep yang di gunakan agar kapal laut dapat mengapung di air laut. Badan kapal laut mempunyai rongga udara. Oleh karena itu kapal laut disertai dengan rongga udara, maka volume air laut yang di pindahkan oleh kapal cukup besar sehingga sesuai dengan prinsip Archimedes. Kapal laut akan mendapatkan gaya apung yang cukup besar untuk menahan bobot kapal sehingga kapal dapat mengapung di permukaan air laut.
Kapal dapat mengapung, karena adanya gaya apung.
3. Kapal Selam

Kapal selam biasa digunakan dalam bidang militer dan penelitian. Bentuk badan kapal selam dirancang agar dapat menggapung, melayang, dan tenggelam di dalam air. Selain itu, dirancang untuk dapat menahan tekanan air di kedalaman laut.

Kapal selam dilengkapi dengan ronga udara. Ronga udara diletakan pada lambung kapal yang dilengkapi dengan katup pada bagian atas dan bawahnya di dalam badan kapal selam. Rongga udara berfungsi sebagai tempat masuknya dan keluarnya air atau udara.

Ketika rongga terisi udara maka volume air yang di pindahkan sama dengan berat kapal sehingga kapal selam akan mengapung. Ketika rongga katup atas dan bawah rongga kapal selam dibuka, maka udara dalam rongga keluar atau air masuk mengisi rongga hinga kapal mulai tenggelam. Katup akan ditutup jika kapal selam telah mencapai kedalaman yang diinginkan sehingga kapal selam dalam keadaan melayang.

Jika katup udara pada rongga dibuka kembali maka volume air dalam rongga akan bertambah sehingga kapal selam akan tenggelam Jika kapal selam akan muncul ke permukaan dari keadaan tenggelam, air dalam rongga dipompa keluar sehingga rongga hanya terisi udara. Dengan demikian, kapal selam akan mengalami gaya apung yang dapat menyamai berat kapal selam. Akibatnya, kapal selam akan naik ke permukaan dan mengapung.
 
Kapal Selam
4. Hidrometer

Hidrometer adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur massa jenis suatu zat cair. Cara penggunaan alat ini adalah sebagai berikut. Hidrometer dimasukkan ke dalam zat cair yang akan ditentukan massa jenisnya. Karena alat ini mempunyai rongga udara maka alat ini akan mengapung. Telah disinggung sebelumnya, peristiwa tenggelam dipengaruhi oleh massa jenis zat cair. Jika massa jenis zat cair tempat hidrometer diletakkan besar, ketinggian tabung hidrometer yang muncul semakin besar dan sebaliknya. Hidrometer sering digunakan untuk keperluan penelitian di bidang kimia.
 
Hidrometer
Demikian artikel saya pada hari ini yaitu tentang Hukum Archimedes Dalam Kehidupan Sehari-hari, saya mendapatkan refrensi dari pustakafisika, Semoga bermanfaat, Terimakasih.