Pengertiaan Musik Daerah/Tradisonal Indonesia

Hasil gambar untuk musik tradisional


evo-rare.com | blog yang membahas tentang pelajaraan Sekolah Terupdate Berbahas Indonesia, Nah berikut ini artikel tentang Musik Daerah atau Teradisonal, Selamat Membaca :D
Musik Daerah/Tradisional
Musik daerah atau musik tradisional adalah musik yang lahir dan berkembang di daerah-daerah diseluruh lndonesia. Ciri khas pada jenis musik ini terletak pada isi lagu dan instrumen (alat musiknya), Musik tradisonal memiliki karakteristik khas, yakni syair dan melodinya menggunakan bahasa dan gaya daerah setempat. lndonesia adalah sebuah negara yang terdiri dari ribuan pulau yang terbentang dari Papua hingga Aceh. Dari sekian banyaknya pulau beserta dengan masyarakatnya tersebut lahir, tumbuh dan berkembang. Seni tradisi yang rnerupakan identitas, jati diri, media ekspresi dari masyarakat pendukungnya, Hampir diseluruh wilayah lndonesia mempunyai seni musik tradisional yang khas. Keunikan tersebut bisa dilihat dari teknik permainannya, penyajiannya maupun bentuk/Organologi instrumen musiknya. Hampir seluruh seni tradisional lndonesia mempunyai semangat kolektivitas yang tinggi sehingga dapat dikenali karakter khas orang/masyarakat lndonesia, yaitu ramah dan sopan. Namun berhubung dengan perjalanan waktu dan makin ditinggalkannya spirit dari seni tradisi tersebut, karakter kita makin berubah dari sifat yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan menjadi individual/egoistis. begitu banyaknya seni tradisi yang dimiliki bangsa lndonesia, maka untuk lebih mudah mengenalinya dapat digolongkan menjadi beberapa kelompok yaitu alat musik/instrumen perkusi, petik dan gesek.
a. lnstrumen musik perkusi

Perkusi adalah sebutan bagi semua instrumen musik yang teknik permainannya dipukul, baik menggunakan tangan maupun stik. Dalam hal ini beberapa instrumen musik yang tergolong dalam alat musik perkusi adalah gamelan, arumba, kendang, kolintang, tifa, talempong, rebana, bedug, jimbe dan lain sebagainya.
Gamelan adalah alat musik yang terbuat dari bahan logam. Gamelan berasal dari daerah Jawa Tengah, Dl. Yogyakarta, Jawa Timur juga di Jawa Barat yang biasa disebut dengan degung dan di Bali (gamelan bali). Satu perangkat gamelan terdiri dari instrumen saron, demung, gong, kenong, slenthem, bonang dan beberapa instrumen lainnya. Gamelan mempunyai nada pentatonis/pentatonik. alat musik bernada diatonis (do, re, mi, fa, sol, la, ti, do)
Kolintang atau kulintang berasal dari daerah Minahasa/Sulawesi Utara. Kolintang mempunyai tangga
nada diatonisl diatonik yang semua instrumennya terdiri dari bas, melodis dan ritmis. Bahan dasar untuk membuat kulintang adalah kayu. Cara untuk memainkan alat musik ini dipukul dan menggunakan setik.

Arumba (alunan rumpun bambu) berasal dari daerah Jawa Barat. Arumba adalah alat musik menggunakan tangga nada pentatonis namun dalam perkembangannya menggunakan tangga nada diatonis.

Tifa adalah alat musik sejenis kendang yang dapat dijumpai di daerah Papua, Maluku, dan Nias.
Rebana adalah jenis gendang yang ukurannya, bervariasi dari yang kecil hingga besar. Rebana adalah alat musik yang biasa digunakan dalam kesenian yang bernapaskan islam. Rebana dapat dijumpai hampir di sebagian wilayah lndonesia.
b. lnstrumen musik petik
Kecapi adalah alat musik petik yang berasal dari daerah Jawa Barat. Bentuk organologi kecapi adalah sebuah kotak kayu yang di atasnya berjajar dawai/senar, kotak kayu tersebut berguna sebagai resonatornya. Alat musik yang menyerupai kecapi adalah siter dari daerah Jawa Tengah.

Sasando adalah alat musik petik berasal dari daerah Nusa Tenggara Timur (Timor) kecapi ini terbuat dari bambu dengan diberi dawai/senar, adapun untuk resonasinya di buat dari anyaman daun lontar yang mempunyai bentuk setengah bulatan.

Sampek (sampe/sapek) adalah alat musik yang bentuknya menyerupai gitar berasal dari daerah Kalimantan. Alat musik ini terbuat dari bahan kayu yang di penuhi dengan ornamen/ukiran yang indah. Alat musik petik lainnya yang bentuknya menyerupai sampek adalah hapetan dari daerah Tapanuli, dan juga dari daerah Sulawesi Selatan.
c. lnstrumen musik gesek

lnstrumen musik tradisional yang menggunakan teknik permainan digesek adalah rebab. Rebab berasal dari daerah jawa barat, jawa tenggah, jakarta (Kesenian Betawi ). Rebab terbuat dari bahan kayu dan resonatornya ditutup dengan kulit tipis, mempunyai dua buah senar/dawai danmempunyai tangga nada pentatonis. Instrumen musik tradisonal lainya yang mempunyai seperti rebab adalah ohyan yang resonatornya terbuat dari tempurung kelapa, rebab jenis ini dapat ,dijumpai di Bali, Jawa dan Kalimantan Selatan.
d. lnstrumen musik tiup
  
Suling adalah instrumen musik tiup yang terbuat dari bambu. Hampir semua daerah di lndonesia. dapat dijumpai alat musik ini. Saluang adalah alat musik tiup dari sumatra Barat, serunai dapat dijumpai di Sumatra Utara dan Kalimantan. Suling lembang berasal dari daerah toraja yang  mempunyai panjang antara 40-100 cm dengan garis tengah 2m.

Tarompet, serompet, selompret adalah jenis alat musik tiup yang mempunyai 4-6 lubang nada dan bagianya untuk meniupnya berbentuk corong, Seni musik tradisi yang menggunakan alat musik seperti ini adalah kesenian rakyat Tapanuli, Jawa Barat, Jawa Timur, Madura dan papua.

Demikian Artikel Dari Saya, Selamat Belajar Siswa, Semoga Bermanfaat, Terimakasih